Health, Lifestyle

Perlukah Pakai Aloe Vera Gel? Cek Sesuai Kebutuhan Kulitmu Yuk!

Perlukah Pakai Aloe Vera Gel? Cek Sesuai Kebutuhan Kulitmu Yuk!

Bagaimana ya caranya menentukan kebutuhan kulit akan kandungan lidah buaya? Apakah hasil pada semua jenis kulit akan sama? Bukannya hasil yang diinginkan malah alergi yang didapatkan.

Berbicara tentang produk Aloe Vera pasti sudah tidak asing dengan produk Nature Republic, Wardah atau Innisfree. Tapi kalau dari review berupa Konten Video dan konten tulisan banyak yang memuji bagaimana kualitas dan khasiat dari produk-produk tersebut. Dengan banyaknya review seperti itu mungkin ada sebagian yang seketika percaya dan langsung membeli berbondong-bondong produk yang di review. Mungkin ada juga yang lebih memilh untuk melihat lebih banyak review dan mencari kandungan sebenarnya sebelum membeli.

Sekarang dengan banyaknya review dari beauty influencer ini bagaimana caranya memutuskan produk yang paling cocok digunakan? Tentu bukan hanya faktor harga dan kemudahan untuk didapatkan saja yang harus dipertimbangkan. Hal utama yang harus dipertimbangkan ketika membeli sebuah produk terutama kosmetik dan personal care. Terkadang banyaknya review dan murahnya harga membuat kebanyakan orang tidak meneliti lebih dalam cocok atau tidaknya sebuah produk. Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih suatu produk seperti Aloe vera ini misalnya adalah tentukan fungsi dari aloe vera yang akan dibeli. Apakah akan dipakai lebih banyak untuk wajah, tubuh atau rambut. Setalah menentukan, lakukan pendekatan jenis dan karakteristik anggota tubuh yang akan menggunakan aloe vera.

Misalnya, kebanyakan wanita menggunakan produk aloe vera untuk menghilangkan jerawat atau melakukan perawatan kulit. Dari jenis kulit yang dimiliki baru bisa menentukan bagaimana menggunakan produk aloe vera agar penggunaannya efektif, dan memperoleh hasil yang maksimal.

Kenali Jenis Kulit

Kenali Jenis Kulit

Secara umum jenis kulit saat ini ada 4. Yaitu normal, kering, berminyak dan kombinasi. Dari ke empat jenis kulit tersebut memiliki karakteristik yang berbeda sehingga memerlukan perwatan yang berbeda. Untuk menguji termasuk jenis kulit apa, pertama siapkan 5 lembar kertas minyak untuk wajah. Kemudian tempelkan di kedua pipi, kening, hidung dan dagu. Lihat sebera cepat kertas minyak jatuh. Jika setelah ditempelkan langsung jatuh dan tidak menempel pada bagian wajah mananpu artinya kulit termasuk kering. Tapi jika menempel pada semua sisi wajah yang ditempel kertas minyak termasuk kulit berminyak. Kemudian, jika kertas minyak hanya menempel pada area T-Zone yaitu kening, hidung dan dagu artinya termasuk wajah kombinasi. Terakhir jika semua kertas minyaknya menempel beberapa saat pada wajah tapi kemudian jatuh, artinya kulit termasuk kulit sensitif. Kemudian  Yuk simak ulasannya berikut ini.

Normal

Pemilik kulit normal tidak akan memerlukan banyak perhatian ketika menggunakan produk kosmetik dan skin care. Karena kulit normal memiliki karakteristik yang sudah menawan bahkan tanpa polesan make up sekalipun. Kulit normal biasanya memiliki ciri berupa kulit yang terasa lembut, halus, kenyal, elastis dan kemerahan secara merata.

Walaupun memiliki kulit yang tidak manja dalam perawatannya, tapi sesekali perlu dilakukan perawatan agar menjaga kulit tetap sehat. Untuk merawat kulit normal ini rutinlah melakukan pijatan lembut pada wajah setiap bangun dan ketika malam hari. Tidak lupa untuk rajin mengelupas kulit dengan lemut agar sel-sel kulit mati terangkat dan tidak menumpuk di dalam pori-pori wajah.

Jadi apakah aloe vera cocok untuk digunakan si kulit normal? Tentu saja! Aloe vera memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit dan tubuh. Pemiliki kulit normal yang tidak akan banyak bermasalah dengan kulit kering atau jerawat, bisa menggunakan aloe vera sebagai gel untuk memijat wajah. Pijat wajah secara lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Kering

Kulit kering adalah kulit yang tidak memiliki kelembaban yang cukup. Sehingga kulit cenderung terasa ketat, kasar, berkerak, gatal dan mudah bereaksi terhadap perubahan suhu. Pemilik kulit kering perlu memberikan peratan khusus pada kulit agar terasa kenyal dan sehat. Bukan hanya karena masalah penampilan saja, karena kulit kering lebih rentan untuk meradang.

Tips untuk merawat kuling kering bisa dilakukan dari dalam dan dari luar. Dari dalam, sebaiknya selalu mengkonsumsi air minum minimal 2 liter sehari. Kemudian ketika keluar rumah jangan lupa gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dalam aktivitas sehari-hari. Pada malam hari rajinlah melakukan pijatan lembut sebelum tidur agar kulit terasa kenyal dan lebih elastis.

Produk aloe vera sangat cocok untuk memberikan efek segar pada kulit kering. Kulit kering yang cenderung kekurangan hidrasi, akan sangat terbantu jika menggunakan produk aloe vera. Produk ini bisa digunakan sebagai pelembab wajah atau gel untuk pijat pada wajah. Untuk kulit kering, produk aloe vera juga akan sangat baik digunakan untuk menjadi masker.  

Berminyak

Sebagai negara tropis, kebanyakan penduduknya memiliki karakteristik kulit berminyak. Kadang bukan hanya terganggu karena terlihat mengkilap saja, kulit berminyak seringkali membuat kulit wajah menjadi berjerawat. Ciri kulit berminyak biasanya mudah terlihat kusam, pori-pori besar bahkan muncul komedo dan jerawat.

Banyak produk yang ditawarkan di pasaran menawarkan solusi instan untuk menghilangkan jerawat tanpa mengetahui sebab munculnya jerawat itu sendiri. Jika ingin menghilangkan jerawat mulai dari minimalisir minyak pada kulit wajah. Perawatan paling mudah adalah dengan rajin mencuci wajah dan menghindari makanan yang digoreng. Perbanyak minum air juga buah dan sayur yang kaya akan kandungan air seperti mentimun.

Lalu apakah cocok menggunakan produk Aloe Vera? Bukan hanya cocok, penggunaan aloe vera pada wajah dengan kulit berminyak sangat ditawarkan. Kandungan air pada aloe vera akan membantu minyak pada wajah berkurang secara bertahap. Untuk memaksimalkan sebaiknya pemilik kulit berminyak menggunakan produk lebih banyak untuk masker dan gel pijat.

Kombinasi

Memiliki kulit wajah kombinasi bisa jadi memiliki kerepotan setingkat kulit berminyak ditambah sedikit kulit kering. Baik kulit berminyak dan kulit kering memiliki dampak dan perawatannya masing-masing. Kulit kombinasi biasanya memiliki area T-zone yang berminyak sementara area pipi lebih kering.

Kulit kombinasi ini harus mengkombinasikan perawatan kulit yang cocok untuk semua jenis kulit. Sehingga lebih mudah dan tidak perlu menggunakan 2 produk berbeda untuk wajah. Hal paling penting untuk si kulit kombinasi adalah tidka membiar wajah lepas dari perlindungan ketika terkena matahari. Karena hal ini bisa memperburuk kondisi kulit dan menimbulkan kemerahan noda hitam sampai muncul keriput.

Produk aloe vera bisa digunakan sebagai masker wajah dan sebagai pelembab untuk kulit jenis ini. Produk dengan kandungan air yang tinggi akan membantu area T-zone terhidrasi dan lebih lembab dan menurunkan kadar minyak. Sementara pada area pipi yang lebih kering membantu kulit agar lebih lembab dan kenyal.

Fungsi Mengenali Jenis Kulit

Jangan tanya lagi kenapa perlu mengenai jenis kulit. Dari ulasan di atas dengan mudah kita dapat memutuskan perlukah suatu produk dibeli. Selain itu bisa juga sebagai penjagaan untuk menghindari bahan-bahan pada kosmetik yang justru akan membuat kulit wajah menjadi berjerawat atau terasa sangat kering.

Aloe Vera Gel Wardah
  • Beli Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel – 100ml
    Rp 29.500,00

Aloe Vera Nature Republic
  • Beli Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% – 300ml
    Rp 50.000,00